Objek Animasi dan Hyperlink Pada Microsoft Power Point

    Microsoft Power point adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.
Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.
Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template atau desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

    Keunggulan atau kelebihan Microsoft Power Point diantaranya yaitu :
    1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
    2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.
    3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.
    4. Dapat mengedit foto secara langsung.
    5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.
    6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).
    Kekurangan Microsoft Power Point diantaranya yaitu:
    1. Adanya licensi yang memungkinkan penggunanya untuk membayar program aplikasi powerpoint ini.
Objek Animasi Pada Power Point

        Animasi adalah seperangkat efek yang dapat diterapkan pada objek yang ada pada slide presentasi. Seperti efek untuk memunculkan objek, untuk menghilangkan, membuat penekanan, memindahkan posisi atau yang lain.Animasi jika digunakan dengan tepat akan menjadikan presentasi lebih interaktif, dapat membantu menjaga fokus audiens pada bahasan presentasi dan juga menjadikan presentasi menjadi lebih menarik.

Jenis-Jenis Animasi Power Point.

1. Entrance

Entrance adalah jenis animasi yang berfungsi untuk memunculkan objek pada slide powerpoint. Misalnya seperti efek fadeflyinfloat inwipebasic zoom dan peek in.

2. Emphasis
Emphasis adalah animasi yang berfungsi untuk membuat efek penekanan objek pada slide powerpoint. Efek dalam jenis animasi ini juga cukup banyak. Anda juga harus dapat memilih efek mana yang paling tepat Anda gunakan.
3. Exit Animation
Exit animation adalah kategori animasi yang berfungsi untuk menghilangkan atau untuk mengeluarkan objek pada slide powerpoint. Ini adalah kebalikan dari animasi entrance.
4. Mothion path Animation
Mothion path adalah animasi yang berfungsi untuk membuat gerakan perpindahan objek dari satu posisi ke posisi lain. Gerakan perpindahan bisa diatur sesuai animasi yang dipilih atau yang ditentukan.


Objek Hyperlink Pada Microsoft Power Point
        Hyperlink atau pranala adalah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen lain atau sumber lain. Dengan kata lain, hyperlink merupakan suatu cara untuk menghubungkan suatu bagian tertentu di dalam slide, file dokumen, program, atau halaman web dengan bagian yang lainnya pada bidang tersebut.
        Fungsi hyperlink adalah untuk memudahkan pembaca untuk menjelajahi berbagai informasi terkait yang berada di dalam sebuah halaman presentasi atau halaman website. Hyperlink merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memberikan pembaca jalan pintas menuju informasi lainnya.

Jenis-jenis Hyperlink

  1. Absolute Address
  2. Relatif Address
  3. Link Section

Cara Menambahkan Animasi di Power Point

  1. Pilih obyek yang akan diberi animasi.
  2. klik animation dan pilih animasi yang akan digunakan.
  3. Tentukan dari mana arah munculnya animasi.
  4. Atur bagian timing animasinya.
  5. Pilih obyek selanjutnya yang akan diberi animasi dan lakukan pengaturannya.

Cara Menambahkan Hyperlink di Power Ponit

  1. Blok bagian teks tertentu dalam file Word/ Excel/ Power Point yang ingin ditautkan dengan file lain
  2. Kemudian pilih menu “Insert” lalu klik “Hyperlink”. Secara otomatis Anda akan diarahkan ke tampilan file manager, lalu pilih file mana yang akan Anda jadikan hyperlink.
  3. Setelah memilih file yang dijadikan hyperlink, klik OK

Untuk lebih jelasnya mari kita praktek langsung dengan menonton vidio di bawah ini agar lebih jelas cara mudah menggunakan animasi dan hyperlink pada power point

Semoga Bermanfaat😊



Komentar